Home » , , , » Pendekar Pagar Nusa Deklarasi Anti Hoax

Pendekar Pagar Nusa Deklarasi Anti Hoax

PSNU (Pencak Silat Nahdlatul Ulama) Pagar Nusa Peguron Sapujagad, Kecamatan Gudo, Jombang, menggelar deklarasi anti hoax dan ujaran kebencian atau hate speach.

Deklarasi yang dihadiri puluhan pesilat itu dilakukan di sela ujian kenaikan tingkat (UKT) santri pesilat Pagar Nusa di Jl Raya Kasemen, Desa Wangkalkepuh, Kecamatan Gudo, Sabtu (24/3/2018).

Pimpinan Pagar Nusa Peguron Sapu Jagad, Dimas Cokro Pamungkas atau Gus Dumas mengatakan, peredaran hoax sangat berbahaya bagi masyarakat. Karena dengan adanya kabar bohong tersebut bisa menyebabkan konflik sosial.


Bahkan, lanjut Gus Dimas, hoax bisa membuka disintegritas bangsa kini terbuka lebar. Hal itu karena semakin menyusutnya nilai toleransi. "Jangan sampai para generasin muda NU terbawa arus negatif di medsos (media sosial), karena harus kita akui kalau kondisi medsos saat ini semakin tak terkendali," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, seluruh pesilat berbaris rapi. Mereka mengepalkan tangan sebagai simbol perlawanan terhadap hoax. Selanjutnya, Gus Dimas memimpin pembacaan deklarasi anti hoax dan ujaran kebencian itu.

"Saya akan mengedukasi para pemuda NU seperti Pagar Nusa dan IPNU-IPPNU untuk lebih bijak dalam menggunakan medsos. Harus mengedepankan akhlakul karimah untuk mencerminkan sebagai sosok generasi muda NU," kata Gus Dimas.

Gus Dimas kembali menegaskan, hoax sangat berbahaya jika dibiarkan. Apalagi saat ini masyarakat sedang menghadapi Pilkada (pemilihan kepala daerah), Pileg (pemilihan legisltif) serta Pilpres (pemilihan presiden).

"Agar konflik horisontal tidak terjadi, kita berusaha menyatukan semua komponen masyarakat untuk bersama-sama memerangi hoax. Mari dukung pihak berwajib untuk menindak tegas siapapun pembuat hoax dan ujaran kebencian di dunia maya. Bukan buat apa dan buat siapa, semua ini semata-mata demi Indonesia tercinta," pungkasnya. Red Dimas Cokro Pamungkas - Ardi Baskoro Al Barq
Comments
0 Comments

0 k o m e n t a r:

Post a Comment

>>> Please do not use anonymous ....
>>> Berikan data anda dengan benar.....
>>> Berikan komentar anda sebagai bukti bahwa anda adalah pengunjung dan bukan robot......
>>> Komentar ANONIM tidak akan ditanggapai oleh admin......
>>> Sorry, Admin will not respond to anonymous comments are not clear. so thank you

Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download
Winamp Windows Media Player iTunes basicBerry Real One Android iPhone