Home » , » Sekilas Tentang Ikan Sidat Atau Gateng Di Ngrayun Ponorogo

Sekilas Tentang Ikan Sidat Atau Gateng Di Ngrayun Ponorogo

Wengker.com, Ponorogo - Daerah Ngrayun Ponorogo selain menyimpan keindahan alam juga mempunyai satu keunikan yakni adanya spesies ikan Sidat yang oleh warga local disebut Gateng.
Sekilas ikan Sidat alias Gateng ini mirip belut namun badanya lebih lebar dan ukuranya juga berkali lipat dari belut saat sudah dewasa. Untuk wilayah Ponorogo nampaknya Ikan Gateng hanya ada di wilayah Ngrayun. Hal ini secara ilmiah bisa dijelaskan lewat factor geografis yakni terhubungnya sungai di wilayah Ngrayun dengan pantai selatan /Pacitan. Ikan sidat memang spesies ikan unik yang berasal dari laut kemudian pergi ke sungai air tawar.
“Dulu banyak ikan Gateng di Ngrayun itu, besar besar ukuranya…sekarang sudah mulai berkurang tapi kalau mancing insya allah masih ada” ucap Darmanto warga asal Baosan Kidul kepada tim Media Sosial.
”Saya punya 2-3 ekor mas di kolam, ya buat peliharaan saja karena ikan Gateng ini jinak kalau dipelihara…dulu ada yang agak besar tapi di ambil orang,sekarang adanya yang ukuran kecil” ucap Susilo warga lainya.
Ikan Gateng sebenarnya sangat berpotensi dikembangkan menjadi sumber penghasilan jika dibudidayakan dengan baik karena harganya yang mahal. Dari penelusuran crew SETENPO di portal berita online Detik,harga Sidat saat ini Rp 160.000-245.000/kg.
Ikan Gateng alias Sidat biasanya di butuhkan Pasaran Jepang untuk dibuat masakan khas mereka bernama Unagi. Di Jawa Timur, daerah yang sudah cukup baik mengembangkan ikan sidat ini adalah Tulung Agung.
Sumber Semua Tentang Ponorogo
Foto: Ilustrasi. Dokumentasi tahun 2012.Lokasi desa Cepoko Ngrayun. Dimas Kukuh Farm
Comments
0 Comments

0 k o m e n t a r:

Post a Comment

>>> Please do not use anonymous ....
>>> Berikan data anda dengan benar.....
>>> Berikan komentar anda sebagai bukti bahwa anda adalah pengunjung dan bukan robot......
>>> Komentar ANONIM tidak akan ditanggapai oleh admin......
>>> Sorry, Admin will not respond to anonymous comments are not clear. so thank you

Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download
Winamp Windows Media Player iTunes basicBerry Real One Android iPhone