Home » , , » Penarik Dan Penghalang Rezeki

Penarik Dan Penghalang Rezeki

Wengker.com, Pendidikan Religi - Dari Imam Syafi'i disebutkan bahwa ada empat hal yang mendatangkan rezki, yaitu bangun malam, banyak beristighfar di waktu sahur (menjelang subuh), selalu bersedekah, dan berdzikir pada awal waktu siang (yakni pagi hari) dan pada akhir siang (yakni petang hari). Dan empat hal yang menghalangi rezki, yaitu tidur di pagi hari, sedikit melakukan shalat, malas dan khianat.

Diantara yang menghalangi rizki lainnya adalah: banyak tidur, makan dan minum dalam keadaan junub, menyapu rumah pada malam hari, membiarkan sampah di dalam rumah, berjalan mendahului orang tua, duduk di tangga, menjahit pakaian tanpa melepasnya dari badan, mengeringkan wajah dengan pakaian, membiarkan sarang laba-laba di dalam rumah, menganggap enteng shalat, mematikan pelita dengan nafas/tiupan, dan tidak mendo'akan orang tua. Semua itu menyebabkan kefakiran. Hal ini diketahui dari atsar. Nashiruddin ath-Thusy menyebutkan dalam kitab "Adabul Muta'allim".

وَعَنِ الإمَامِ الشافعى رَحمه الله: أَرْبَعٌ تَجْلبُ الرزْقَ: قِيامُ الليلِ, وَكَثْرَةُ الإستغْفارِ بِالأسْحارِ, وَتَعاهُدُ الصدقَةِ, والذكرُ أَولَ النهارِ وآخرَهُ. وأربعٌ تَمْنَعُ الرزْقَ: نَوْمُ الصُبْحَةِ, وَقِلةُ الصلاةِ, والكسل, والخيانة.
وَمما يَمْنعُ  الرزْقَ أيضا: كَثْرَةُ النومِ, والأكلُ والشرْبُ جُنُباً, وَكَنسُ البيتِ فى الليل, وَترْكُ القُمامةِ فى البيتِ, وَالمشيُ قُدامَ الْمشايِخِ, والجلوسُ على الْعَتَبَةِ, وخِياطةُ الثوبِ على جسدِهِ, وَتَجِفبفُ الوجْهِ بالثوبِ, وتركُ نَسْجِ الْعنكبوتِ فى البيتِ, والتهاوُنُ بالصلاة, وإطفاءُ السراجِ بالهفسِ, وتَرْكُ الدعاءِ للأبوين, كلُ ذلك يُورِثُ الفقرَ, عُرِفَ ذلك بالآثار. ذكر ذلك نصير الدين الطوسى فى كتاب {آدابُ المتعلمين)

Oleh Bapak Ahmad Syafi'i

Comments
0 Comments

0 k o m e n t a r:

Post a Comment

>>> Please do not use anonymous ....
>>> Berikan data anda dengan benar.....
>>> Berikan komentar anda sebagai bukti bahwa anda adalah pengunjung dan bukan robot......
>>> Komentar ANONIM tidak akan ditanggapai oleh admin......
>>> Sorry, Admin will not respond to anonymous comments are not clear. so thank you

Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download
Winamp Windows Media Player iTunes basicBerry Real One Android iPhone