Home » , , , » Apabila Negara Kacau, Para Santri Siap Mengamalkan Hizib

Apabila Negara Kacau, Para Santri Siap Mengamalkan Hizib

Wengker.com, Nahdliyin - Salah satu kekayaan yang ada di dalam pesantren di antaranya adalah adanya aneka macam ilmu hizib, yaitu kumpulan bacaan atau doa yang diambil dari al-Qur’an dan hadits yang disusun para wali atau ulama dan diamalkan dengan cara tertentu, dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Demikian disampaikan oleh KH. Tb. Ahmad Rifqi Chowas usai kegiatan penutupan pengajian pasaran Pesantren Daarussalam Buntet, Cirebon, Sabtu (4/6) "Di antara faidah hizib itu bisa dipakai jika negara sedang kacau, untuk bela diri, kalau sekarang Belanda juga udah jauh, jadi santri belum diajari hizib, hanya santri tertentu saja yang diijazahi hizib," kata kiai yang biasa disapa Kang Entus itu.

Ditambahkannya, hizib yang akrab dengan santri di antaranya adalah hizib Nawawi, hizib Bahr, hizib Dardir, hizib Nashor, hizib Lathif, hizib Sulaiman, hizib Autad dan masih banyak lagi. "Kalau negara kacau, ada peperangan, musuh menyerang, santri juga sebenarnya siap turun, buktinya peristiwa 10 November (1945) di Surabaya itu santri semua, sekarang diam saja karena mereka lebih milih belajar, ngaji dan mensyiarkan Islam," tegasnya. (Aiz Luthfi/Mahbib)
Sumber NU Online

Post Comment

Comments
1 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

1 k o m e n t a r:

>>> Please do not use anonymous ....
>>> Berikan data anda dengan benar.....
>>> Berikan komentar anda sebagai bukti bahwa anda adalah pengunjung dan bukan robot......
>>> Komentar ANONIM tidak akan ditanggapai oleh admin......
>>> Sorry, Admin will not respond to anonymous comments are not clear. so thank you

Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download
Winamp Windows Media Player iTunes basicBerry Real One Android iPhone