Home » , , » Bintang Trisula Cup Se Jawa-Bali 2013

Bintang Trisula Cup Se Jawa-Bali 2013

PETUNJUK PELAKSANAAN
INVITASI PENCAK SILAT SEJAWA-BALI
BINTANG TRISULA CUP
TAHUN 2013

A.    Pendahuluan
1.  Kejuaraan Pencak Silat Antar Pelajar Pagar Nusa se-Jawa dan Bali “Bintang Trisula Cup 2013” adalah kejuaraan pencak silat yang diselenggarakan dalam rangka peringatan “Dies Maulidiyah UKM Pencak Silat Pagar Nusa Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang yang Ke-XIV pada 7-9 Desember 2013”.
2. Kejuaraan Pencak Silat Antar pelajar Pagar Nusa se-Jawa dan Bali “Bintang Trisula Cup” Universitas Islam negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang tahun 2013 selanjutnya disebut  “Bintang Trisula Cup 2013”.
3. Bintang Trisula Cup UIN Maliki Malang tahun 2013 diikuti oleh pelajar-pelajar SMP/SMA dan sederajat dari perguruan Pagar Nusa Se-Jawa dan Bali.
4.  Pelajar SMP/MTs. boleh mengikuti kejuaraan ini dengan syarat sudah berusia 14 tahun, sedangkan ketentuan lain tetap mengacu pada syarat-syarat peserta.


B.     Dasar Pelaksanaan
1.  PO dan POO UKM Pencak Silat Pagar Nusa Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.
2.  Program Kerja Pengurus UKM Pencak Silat Pagar Nusa Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.

C.    Kategori yang Dipertandingkan
1.     Kelas A                         :                                       36 kg     s.d.                39 kg          putra    dan      putri
2.     Kelas B                         :           di atas                  39 kg     s.d.                42 kg          putra    dan      putri
3.     Kelas C                         :           di atas                  42 kg     s.d.                45 kg          putra    dan      putri
4.     Kelas D                         :           di atas                  45 kg     s.d.                48 kg          putra    dan      putri
5.     Kelas E                          :           di atas                  48 kg     s.d.                51 kg          putra
6.     Kelas Seni                     :           Jurus Tunggal IPSI                                                    putra dan putri           

D.    Syarat-syarat
1.    Sehat jasmani dan rohani (surat keterangan dokter).
2.    Mendapat surat rekomendasi dari sekolah atau cabang atau anak cabang di wilayah masing-masing.
3.  Pesilat sudah berusia > 14 tahun dan < 17 tahun  yang dibuktikan dengan fotokopi dan bukti asli akta kelahiran atau ijazah atau paspor ditunjukkan pada saat pendaftaran.
4.    Menyerahkan pas foto ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar.
5.   Kontingen berasal dari atau mengatasnamakan perwakilan cabang atau anak cabang atau sekolah SMP/SMA/Sederajat atau pondok pesantren disertai dengan bukti surat rekomendasi asli dari Pagar Nusa Cabang masing-masing daerah yang diwakili.
6.    Setiap kontigen menyelesaikan keabsahan umur batas maksimal 17 tahun 364 hari pada 25 November 2013.
7.     Setiap kontingen hanya mengirimkan 1 pesilat (putra dan putri) untuk setiap kelas yang diikuti.
8.     Membayar kontribusi Rp 60.000,00 per pesilat.
9.     Membayar kontribusi kontingen Rp 150.000,00 per kontingen.
1.    Biaya Penginapan Gratis

E.     Waktu dan Tempat
1.  Waktu
Hari                     :   Kamis - Minggu
Tanggal                :   21 – 25 November 2013
2.  Tempat
Sport and Student Center (Gedung Soeharto) Lantai 2
Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana No. 50 Kota Malang

F.     Prosedur Pendaftaran
1.       Pendaftaran dibuka sejak dikeluarkannya surat undangan ini = Kamis, 1 Agustus 2013 pukul 07.00—15.00 WIB.
2.     Pendaftaran harus dilakukan dengan menyerahkan formulir konfirmasi paling lambat Kamis, 7 November 2013 pukul 07.00—15.00 WIB.
3.     Pendaftaran dapat ditutup sewaktu-waktu jika jumlah peserta telah memenuhi kuota, yakni 525 atlet (putra dan putri). Dengan rincian: 450 Tanding dan 75 Seni
4.    Konfirmasi pendaftaran bisa dilakukan via email ukmpagarnusa.uinmlg@gmail.com atau bisa langsung diserahkan ke sekretariat kami di Gedung Student Center (SC) UIN Maliki Malang Jln. Gajayana No. 50 Dinoyo, Malang
5.     Pendaftaran di sekretariat panitia: UKM Ikatan Pencak Silat Pagar Nusa Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang Jln. Gajayana No. 50 Dinoyo Malang
6.     Kontak person
a )     Ato’ urrohman                             (0857  554  94  828)
b )     Rochim                                                (0857  455  38 6 83)
c )      Khoiri                                                  (0857  91  841 3 86)
d )     Twitter Official                    @UKMPN_uinmlg
e )      Fans Page Facebook        www.facebook.com/UKMPagarNusaUINMalikiMalang
f  )       Blog                                                    bintangtrisulacup2013.blogspot.com

G.    Ketentuan Teknis
1. Technical meeting diadakan Rabu, 20 November 2013 pukul 13.00—selesai, di-lanjutkan penimbangan berat badan I (menentukan kelas), dan looting (menentukan mitra tanding) di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Jln. Gajayana No. 50 Dinoyo  Malang.
2.  Jika pada penimbangan berat badan I pesilat tidak dapat memenuhi ketentuan kelas yang diikuti, maka pesilat tersebut diberi kesempatan 1 kali untuk melakukan penim-bangan badan ulang (jangka waktu akan diputuskan ketika technical meeting).
3.   Penimbangan berat badan II dilakukan + 15 menit sebelum bertanding dengan pakaian kering dan tidak memakai sabuk, cap protector, atau deker/pelindung sendi.
4.   Pakaian pesilat dan pendampingnya adalah seragam perguruan masing-masing.
5.  Sebelum bertanding, setiap pesilat Tanding harus sudah menggunakan cap protector (membawa sendiri), berada di dalam celana luar, kuku harus dipotong pendek dan tidak membahayakan; pesilat putri harus memakai pembalut.
6.   Panitia hanya menyediakan body protector dan sabuk sudut.
7.   Durasi kategori Tanding ialah 3 babak @ 2 menit bersih dengan 45’ istirahat /babak.
8. Kontingen yang tidak lengkap administrasi s.d. waktu looting akan gugur haknya untuk bertanding; berkas administrasi dan keuangan akan dikembalikan. Panitia berhak menolak kontingen yang administrasinya tidak lengkap.
9.  Jika dalam 1 kelas/kategori hanya diikuti 2 pesilat, maka kelas/kategori tersebut tetap dipertandingkan; yang menang mendapat juara II dan yang kalah juara III—juara II tidak dapat digunakan dalam penentuan juara umum.
10.  Jika dalam 1 kelas/kategori hanya terdapat 1 pesilat, maka kelas/kategori tersebut tidak ditampilkan dengan ketentuan pesilat tersebut langsung babak, tetapi tidak mendapat juara.
11.   Rasa tidak puas terhadap hasil pertandingan dapat diajukan dengan cara mengambil formulir protes yang tersedia di sekretaris pertandingan paling lambat 10 menit sesudah keputusan pemenang dan diserahkan kembali pada sekretaris pertandingan paling lambat 20 menit sesudah pengambilan disertai biaya adminstrasi Rp 250.000,00 dan diajukan dengan dasar, cara, atau prosedur yang relevan dengan nilai-nilai luhur, etika, dan moral pencak silat.
12.    Jika terjadi kecelakaan terhadap pesilat dalam pertandingan, maka panitia hanya me-nyediakan obat-obatan ringan sementara dan ambulance untuk mengantar ke rumah sakit terdekat. Biaya yang timbul setelah itu menjadi tanggung jawab setiap kontingen.
13.    Bagi pesilat putri, diwajibkan memakai kerudung/jilbab.
14.    Berkas-berkas administrasi pendaftaran dimasukkan ke stopmap Hijau.

H.    Kategori Seni Jurus Tunggal IPSI
1.      Technical meeting dilaksanakan Rabu, 20 November 2013 15.00-16.30 WIB,  looting (menentukan urutan waktu tanding) di Sport And Student Center (SC) Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Jln. Gajayana No. 50 Dinoyo Malang.
2.      Seni jurus tunggal disini adalah seni jurus tunggal IPSI
3.      Pakaian pesilat dan pendampingnya adalah seragam perguruan masing-masing.
4.      Panitia tidak menyediakan  toya dan golok, dan peserta membawa toya dan golok sendiri yang sesuai dengan ketentuan Munas IPSI 2012.
5.      Durasi kategori jurus menyesuaikan peraturan Munas IPSI 2012.
6.      Kontingen yang tidak melengkapi administrasi s/d. waktu looting akan gugur haknya untuk bertanding; berkas administrasi dan keuangan akan dikembalikan. Panitia berhak menolak kontingen yang administrasinya tidak lengkap.
7.      Poin hukuman waktu menyesuaikan peraturan sesuai hasil Munas IPSI 2012
8.      Kategori seni Jurus Tunggal memakai sistem tanpa nominasi (sekali tampil), yakni peraih nilai tertinggi dinyatakan sebagai pemenang kategori itu.
9.      Rasa tidak puas terhadap hasil pertandingan dapat diajukan dengan cara mengambil formulir protes yang tersedia di sekretaris pertandingan paling lambat 10 menit sesudah keputusan pemenang dan diserahkan kembali pada sekretaris pertandingan paling lambat 20 menit sesudah pengambilan disertai biaya adminstrasi Rp 250.000,00 dan diajukan dengan dasar, cara, atau prosedur yang relevan dengan nilai-nilai luhur, etika, dan moral pencak silat.

I.       Peraturan dan Sistem Pertandingan
1. Peraturan pertandingan yang digunakan adalah Peraturan Pertandingan Pencak Silat Antara Bangsa Keputusan MUNAS 2012.
2.   Sistem pertandingan kategori tanding yang digunakan adalah sistem gugur tunggal.

J.      Official Kontingen
1.   Manajer tim 1 orang.
2.   Pelatih maksimal 2 orang untuk setiap kategori; salah satu harus sejantina.
3.   Akomodasi, konsumsi, dan transportasi ditanggung oleh setiap kontingen .

       K.    Delegasi Teknik dan Wasit-Juri
1. Untuk mengawasi pertandingan, ditetapkan 1 orang delegasi teknik dan 1 orang asisten yang dikuatkan dengan Surat Keputusan Pengurus IPSI Pusat.
2. Yang bertindak sebagai wasit juri kejuaraan ini adalah wasit juri yang sudah mempunyai sertifikat sekurang-kurangnya kualifikasi Wasit Juri IPSI Pusat yang dikuatkan dengan Surat Keputusan Pengurus IPSI Pusat.
L.     Penentuan Juara Umum
1.     Kontingen peraih juara I terbanyak dan merupakan gabungan juara I putra dan putri akan ditetapkan sebagai juara umum.
2.     Jika ada 2 atau lebih kontingen yang perolehan juara I-nya sama, maka juara umum ditetapkan berdasarkan perolehan juara II terbanyak.
3.     Jika butir 2 masih sama, maka juara umum ditetapkan berdasarkan perolehan juara III terbanyak.
4.   Jika butir 3 ternyata masih sama, maka juara umum ialah perguruan yang mengirimkan pesilat lebih sedikit jumlahnya daripada yang calon juara umum yang lain.
5.     Juara-juara dalam kejuaraan ini adalah                         :     
(a)  Satu orang juara I Kategori Tanding
      (b)  Satu orang juara II Kategori Tanding
      (c)  Dua orang juara III Kategori Tanding
      (d)  Satu orang juara I Kategori Seni
      (e)  Satu orang juara II Kategori Seni
      (f) Satu orang juara III Kategori Seni

M.  Tata Tertib dan Sanksi
1. Tata tertib bagi pesilat, official, dan supporter selama kejuaraan sebagai berikut.
  a.     Dilarang membawa benda-benda yang membahayakan ke dalam gelanggang pertandingan.
  b.     Dilarang mengintimidasi--kata-kata dan perbuatan--terhadap seluruh petugas dan aparat pertandingan.
  c.     Dilarang membuat kegaduhan atau keributan yang dapat mengganggu kelancaran pertandingan.
 d.   Dihimbau dengan sangat untuk tidak memotret dengan menggunakan flash atau lampu kamera, dengan pertimbangan agar tidak mengganggu kinerja wasit juri pertandingan selama pertandingan berlangsung.
2. Sanksi-sanksi
a. Pesilat                     :  (1) peringatan keras, (2) dinyatakan kalah, dan (3) didiskualifikasi untuk seluruh pertandingan.
b. Official          :  (1)  peringatan keras, (2) tidak diakui haknya, dan (3) diskors.
c. Supporter              :  (1) peringatan keras, (2) dikeluarkan dari arena, dan (3) didiskualifikasi untuk tim yang bertanding.

       N.    Jadwal Kegiatan
No
Hari, Tanggal
Waktu (WIB)
Kegiatan
Keterangan
1.
Kamis,
7 November 2013
07.00—15.00
Batas akhir penyerahan formulir konfirmasi
Sekretariat
2.
Selasa
13 November 2013
07.00 – 15.00
Batas akhir penyerahan kelengkapan administrasi
Sekretariat
3.
Rabu,
20 November 2013
07.00—15.00
1. Technical meeting
2. Penimbangan badan I
3. Looting I
Student Center
4.
Kamis,
21 November 2013
07.00—11.00
1. Pembukaan
2. Babak penyisihan
Student Center - - sda -

13.00—17.00
Babak penyisihan
- sda -

19.00—22.00
Babak penyisihan
- sda -
5.
Jumat,
22 November 2013
07.00—11.00
14.00—17.00
Babak penyisihan
Babak seperempat final
Babak seperempat final
Student Center - sda -

19.00—22.00
Babak seperempat final
- sda -
6.
Sabtu,
23 November 2013
07.00—11.00
14.00—17.00
19.00—22.00
Babak semifinal
Babak semifinal
Babak semifinal
Student Center - sda -
- sda -

7.
Minggu,
24 November 2013
07.00—12.00
13.00—17.00
Babak final
Penutupan
Student Center - sda -



O.    Penghargaan
1.      Juara umum I                            :   mendapat      Trofi tetap dan piagam
                                                                                 Dana pembinaan Rp 3.500.000,00
2.        Juara umum II                         :   mendapat        Trofi tetap dan piagam
                                                                                 Dana pembinaan Rp 2.500.000,00
3.      Juara umum III                         :   mendapat      Trofi tetap dan piagam
                                                                                 Dana pembinaan Rp 1.500.000,00
4.      Pesilat terbaik putra                  :   mendapat      Trophy tetap dan piagam
                                                                            Dana Pembinaan dan souvenir
5.      Pesilat terbaik putri                  :   mendapat      Trophy tetap dan piagam
                                                                            Dana pembinaan dan souvenir
6.      Juara I                                       :   mendapat      Trofi tetap dan piagam
                                                                            Dana pembinaan dan souvenir
7.      Juara II                                     :   mendapat      Trofi tetap dan piagam
                                                                            Dana pembinaan dan souvenir
8.      Juara III                                    :   mendapat      Trofi tetap dan piagam
                                                                            Dana pembinaan dan souvenir

    P.     Prosedur Pengaduan Masalah Pertandingan
1. Manajer tim mengisi formulir yang tersedia di sekretaris pertandingan paling lambat 10 menit setelah keputusan pemenang dan menyerahkan kembali kepada sekretaris pertandingan paling lambat 20 menit sejak formulir diterima. Dalam formulir itu ditulis masalah pertandingan secara singkat, padat, dan jelas (administrasi Rp 250.000,00).
2.    Keputusan tingkat pertama atas masalah pertandingan di atas disampaikan oleh ketua pertandingan dan dewan wasit juri kepada manajer tim paling lambat 2 jam sejak formulir diserahkan.
3.   Jika keputusan tingkat pertama tidak dapat diterima oleh manajer tim, maka manajer tim bisa mengajukan banding yang disampaikan paling lambat 20 menit sesudah keputusan tingkat pertama diterima.
4.   Pembuat keputusan tingkat banding adalah delegasi teknik, ketua pertandingan, dan dewan wasit juri yang meninjau kembali masalah yang sudah diputuskan paling lambat 3 jam setelah banding diajukan. Keputusan tingkat banding bersifat final dan tidak dapat ditinjau ulang.

      Q.    Lain-lain
 1. Hal-hal yang belum diatur akan diputuskan dalam technical meeting.
 2. Dokter pertandingan, paramedis, tim kesehatan, dan mobil ambulance didatangkan dari Dinas Kesehatan Kota Malang.
 3. Tim keamanan berada di bawah koordinasi Kepolisian Resort Kota Malang.
 4. Panitia pelaksana adalah UKM Pencak Silat Pagar Nusa Universitas Islam Negeri (UIN) Mulana Malik Ibrahim Malang.
 5.Ketentuan-ketentuan tambahan yang diputuskan dalam technical meeting merupakan ketentuan yang mengikat seluruh peserta kegiatan ini.
                                                                                                            
                                                                                                             Malang, 1 Agustus 2013
                                                                                       Panitia Dies Maulidiyah


                                                                                                                 M. Irham Hanani
                                                                                                                         Sekretaris

Juklak selengkapnya silahkan DOWNLOAD DISINI
Comments
0 Comments

0 k o m e n t a r:

Post a Comment

>>> Please do not use anonymous ....
>>> Berikan data anda dengan benar.....
>>> Berikan komentar anda sebagai bukti bahwa anda adalah pengunjung dan bukan robot......
>>> Komentar ANONIM tidak akan ditanggapai oleh admin......
>>> Sorry, Admin will not respond to anonymous comments are not clear. so thank you

Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download
Winamp Windows Media Player iTunes basicBerry Real One Android iPhone