Home » , , » Guncangan Gempa Tasikmalaya Terasa di Seluruh Pulau Jawa

Guncangan Gempa Tasikmalaya Terasa di Seluruh Pulau Jawa

Gempa Tasikmalaya
Gempa Tasikmalaya(tempo.co)
Guncangan Gempa Tasikmalaya Terasa di Seluruh Pulau Jawa â€" Kamis malam(13/06/2913), sekitar pungkul 23.47 Tasikmalaya diguncang gempa yang getarannya ternyata terasa di seluruh pulau Jawa. Gempa yang terjadi malam tadi tentu saja memicu kepanikan warga di sejumlah wilayah di pulau Jawa. Menurut laporan Tempo, gempa bahkan dirasakan sampai di Jakarta, Bekasi, Yogyakarta dan Kediri. Gempa yang berlangsung selama beberapa menit ini mnyebabkn orang-orang diberbagai daerah di Pulau Jawa panik dan berhamburan keluar rumah. Sepertinya masyarakat masih trauma dengan gempa besar yang terjadi di Padang dan Yogyakarta beberapa tahun yang lalu sehingga mereka memilih berbondong-bondong keluar rumah. Kerasnya guncangan gempa yang bahkan sampai dirasakan di Kediri Jawa Timur sempat memunculkan isu tsunami dan membuat warga cemas. Namun setelah pengumuman resmi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang menyatakan bahwa gempa tak berpotensi tsunami membuat warga kembali tenang dan masuk ke dalam rumah.
BMKG melaporkan, Kamis malam sekitar pukul 23:47 terjadi gempa bumi berkekuatan hingga 6,5 skala richter yang titik episentrumnya berpusat di 10.35 Lintang Selatan, 107.04 Bujur Barat atau sekitar 336 km Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Diperkirakan titik episentrum gempa berada di kedalaman 57 kilometer. Bagi warga Tasikmalaya, gempa yang terjadi Kamis malam membuat mereka was-was dan cemas karena sebelumnya tanggal 7 Mei 2913 kemarin, daerah ini juga diguncang gempa dnegan kekuatan 5.0 SR. Guncangan gempa yang sangat kuat ini ternyata dirasakan hampir di seluruh pulau Jawa. Bahkan sampai Jakarta dan Kediri yang jaraknya cukup jauh dari pusat gempa di Kabupaten Tasikmalaya. Seperti yang dilansir Tempo, salah seorang warga Kediri, menyatakan kesaksiannya yang terekjut dan kaget atas kerasnya guncangan gempa yang dirasakan di daerahnya. “Saya kaget saat tempat tidur bergoyang,” kata Anton, yang merupakan warga Perumahan Persada Sayang, Kecamatan Mojoroto, Kediri.
Sampai berita ini ditulis, belum ada laporan resmi apakah terjadi kerusakan atau korban jiwa dan luka akibat gempa ini, khususnya di Kabupaten Tasikmalaya sendiri. “Belum ada laporan kerugian dan korban jiwa akibat gempa ini,” ungkap Kepala BPBD Kabupaten Tasikmalaya H Kundang Sodikin, kepada Tempo, Jumat (14/06/2013) dini hari ini.
http://www.aktualpost.com/2013/06/15/2207/guncangan-gempa-tasikmalaya-terasa-di-seluruh-pulau-jawa/
Comments
0 Comments

0 k o m e n t a r:

Post a Comment

>>> Please do not use anonymous ....
>>> Berikan data anda dengan benar.....
>>> Berikan komentar anda sebagai bukti bahwa anda adalah pengunjung dan bukan robot......
>>> Komentar ANONIM tidak akan ditanggapai oleh admin......
>>> Sorry, Admin will not respond to anonymous comments are not clear. so thank you

Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download
Winamp Windows Media Player iTunes basicBerry Real One Android iPhone