Home » , , , , » Nikmat Orang Yang Sedang Sakit

Nikmat Orang Yang Sedang Sakit


Sebagai mahluk sosial, kita sering mendengar atau melihat di sekitar kita entah itu keluarga, sahabat, atau tetangga yang sedang tertimpa sakit tapi terkadang kita enggan untuk menjenguk atau menengoknya, banyak alasan yang timbul karenanya. Bila alasan itu di sebabkan urusan keduniawian atau urusan pribadi maka alangkah meruginya kita. Disini kami tidak untuk mengulas atau membahas alasan alasan itu tapi kami di sini mengajak untuk mempelajari manfaat apa baik bagi yang tertimpa sakit atau bagi orang yang menjenguknya.
Allah Ta'ala berfirman, "Sesungguhnya Rahmat Allah itu amat dekat kepada orang yang berbuat baik" (QS Al-A'raf 56)
Abu Hurairah ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa menengok orang yang sedang sakit, maka di seru dari langit : Baiklah engkau, baiklah perjalanan mu, dan telah mengambil bagian tempat di surga" (HR At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ibnu Hibban).
Bahwa orang yang menjenguk orang sakit maka baiklah akhlak kita dan perjalanan kita hingga tanpa kita sadari kita telah memilih tempat di surga.Subhanallah
Anas bin Malik berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Orang muslim itu jika menengok saudaranya muslim, berarti ia slalu dalam khurfatil jannah hingga pulang nanti" (HR Ahmad, Muslim dan At-Tirmidzi)
Khurfatil Jannah adalah hasil petikan / panen
Jadi sebenarnya orang yang menjenguk atau menengok orang sakit sungguh besar pahalanya. Sebagaimana sabda Rasulullah saw :
Anas ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa berwudhu dengan baik dan sempurna, kemudian menengok saudaranya muslim dengan penuh pengharapan pahala dari Allah, maka di jauhkan dari neraka jahannam hingga tujuh puluh kharif" (HR Abu Dawud)
Kharif artinya adalah tahun. Maka tujuh puluh kharif adalah tujuh puluh tahun.
Ali bin Abi Thalib ra berkata bahwa ia telah mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Tiada seorang muslim yang menengok saudaranya di waktu pagi, melainkan tujuh puluh ribu malaikat meminta rahmat kepada Allah untuknya hingga waktu sore. Dan jika menengoknya di waktu sore, maka tujuh puluh ribu malaikat meminta rahmat, dan itu sebagai hasil panen dari surga" (HR At-Tirmidzi). Anas ra bertanya bagaimana bagi si sakit sendiri yang kita jenguk Ya Rasulullah maka Rasulullah SAW menjawab, "Di hapus dosa dosanya" (HR Ahmad).
Marilah kita buka hati kita untuk selalu menyempatkan waktu demi menjenguk saudara kita yang sedang tertimpa sakit agar kita termasuk dalam golongan yang di menangkan yaitu golongan yang penuh rahmat Allah, Insya Allah Allahumma aamiin. Sebagai penutup ulasan ini kami petikkan sebuah hadis bahwa Anas ra mendengar Rasulullah bersabda, "Siapa saja orang yang menjenguk orang sakit, berarti ia menyelam dalam rahmat karunia Allah hingga ia duduk dan apabila telah duduk di dekat si sakit, berarti tenggelam dalam rahmat Allah" (HR. Ahmad).

Dan apabila sobat gasud.com tidak ingin sakit soal materi silahkan dapatkan solusinya DISINI
Comments
0 Comments

0 k o m e n t a r:

Post a Comment

>>> Please do not use anonymous ....
>>> Berikan data anda dengan benar.....
>>> Berikan komentar anda sebagai bukti bahwa anda adalah pengunjung dan bukan robot......
>>> Komentar ANONIM tidak akan ditanggapai oleh admin......
>>> Sorry, Admin will not respond to anonymous comments are not clear. so thank you

Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download
Winamp Windows Media Player iTunes basicBerry Real One Android iPhone