Home » , , , » BAGIAN PELENGKAP DAN TATA TULIS LAPORAN PENELITIAN

BAGIAN PELENGKAP DAN TATA TULIS LAPORAN PENELITIAN


Secara garis besar laporan penelitian dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian, yaitu bagian utama laporan dan bagian pelengkap. Bagian utama laporan telah selesai dibicarakan pada bab XXII. Kini kita sampai pada bab terakhir, menyelesaikan uraian untuk bagian yang belum sempat dibicarakan yaitu bagian pelengkap.
Menurut letak penyajiannya pelengkap-pelengkap laporan dibedakan menjadi dua yaitu yang terletak dibagian depan laporan sebelum laporan utama dsisajikan dan bagian yang tersaji dibelakang, pada akhir laporan. Yang terletak dibagian depan adalah halaman judul, pengantar, daftar isi, daftar tabel daftar gambar/bagan/denah, dan abstrak (ringkasan) penelitian, sedangkan yang terletak dibagian belakang adalah: daftar pustaka (bibliografi), dan lampiran-lampiran.
Bab XXIII ini bukan hanya berisi penjelasan tentang bagian pelengkap saja tetapi sekaligus disampaikan cara-cara yang harus diikuti oleh penulis laporan dalam menuangkan laporannya hingga mewujudkan karya tulis yang mudah dipahami. Cara-cara menuangkan buah pikiran menjadi karya tulis ini biasanya disebut dengan istilah “tata tulis” dan dalam kaitan dengan bab ini disebut tata tulis laporan penelitian. Bagaimana kualitas laporan penelitian yang telah berhasil disusun oleh peneliti, dapat sekaligus ditinjau dan dinilai oleh peneliti sendiri jika tersedia instrumen atau rambu-rambu untuk menilainya. Untuk membantu para peneliti yang ingin mencoba melakukan penelitian terhadap karya sendiri, penulis akan menyajikan rambu-rambu dimaksud pada akhir bab ini. Dengan bervariasinya informasi yang akaan  disampaikan, penulis mengharapkan setelah menyelesaikan bab ini para pembaca dapat:
a. Memahami macam dan pengertian komponen pelengkap laporan penelitian
b. Memakai tata tulis laporan penelitian, sekaligus dapat melakukan penelitian terhadap laporan penelitiannya.
Comments
0 Comments

0 k o m e n t a r:

Post a Comment

>>> Please do not use anonymous ....
>>> Berikan data anda dengan benar.....
>>> Berikan komentar anda sebagai bukti bahwa anda adalah pengunjung dan bukan robot......
>>> Komentar ANONIM tidak akan ditanggapai oleh admin......
>>> Sorry, Admin will not respond to anonymous comments are not clear. so thank you

Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download
Winamp Windows Media Player iTunes basicBerry Real One Android iPhone