Home » , , » Panduan Lengkap Istighotsah

Panduan Lengkap Istighotsah

Bagi kita umat Islam tentunya sudah tidak asing lagi dengan Istighotsah, lalu apa istighotsah itu ?
Itighotsah” dalam bahasa Arab berarti “meminta pertolongan”. Istilah istighotsah terdapat dalam wiridan para anggota jama’ah thoriqoh (atau biasa dilafadkan dalam bahasa Indonesia menjadi tarekat) yang berbunyi: “Ya Hayyu ya Qoyyum birohmatika astaghits..!” Ya Allah Yang Maha hidup dan Yang Maha Berdiri sendiri, dengan rakhmat-Mu aku memohon pertolongan-Mu ..! Di Indonesia istighotsah diartikan sebagai ”dzikir atau wiridan” yang dilakukan secara bersama-sama dan biasanya di tempat-tempat terbuka untuk mendapatkan petunjuk dan pertolongan dari Allah SWT. Sementara doa-doa yang diucapkan pada saat istighotsah adalah doa-doa atau bacaan yang khas diamalkan dalam jama’ah thoriqoh, meski kadang ada beberapa penambahan doa. Pertama-tama para jama’ah istighotsah membaca surat pertama dalam Al-Qur’an yakni Al-Fatihah sebagai pembuka segala kegiatan yang baik. Selanjutnya jama’ah membaca doa-doa berikut:

1. Istighfar (astagfirullahal adzim) meminta ampun kepada Allah
Astagfirullahal adzim ( saya mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung )
2. Hauqolah (la haula wala quwwata illa billahil aliyyil adzim) meminta kekuatan kepada Allah
La haula wala quwwata illa billahil aliyyil adzim ( tiada daya untuk menjauhi maksiat kecuali dengan pemeliharaan Allah dan tiada kekuatan untuk melakukan ketaatan kecuali dengan pertolongan Allah )
3. Sholawat atau doa untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya
Allahuma sholli ala syayyidina Muhammad wa ala ali syayyidina Muhammad    ( Ya Allah limpahkanlah rahmat dan kemuliaan kepada junjunan kami nabi Muhammad beserta keluarganya )
4. Lafadz tahlil panjang yang berbunyi “La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin” sebagai pengakuan bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwa hamba yang sedang berdoa telah melakukan perbuatan dzolim.
5. Memuji asma Allah dengan lafadz “Ya Allah ya Qodim, ya Sami’u ya Basyir, ya Mubdi’u ya Kholiq, ya Hafidz ya Nasir ya Wakilu ya Allah, ya Lathif
(Ya Allah, Engkaulah Dzat yang ada tanpa permulaan, Yang Maha mendengar dan Maha Melihat, Yang Maha mewujudkan sesuatu dari tidak ada, Yang Maha Pencipta, Yang Maha Menjaga, yang Maha Penolong, Maha Memelihara dan Yang Maha Lembut)
6. Kemudian bacaan istighotsah “Ya Hayyu ya Qoyyum birohmatika astaghits
Ya Allah, engkaulah Yang Maha hidup dan Yang Maha Berdiri Sendiri, dengan rakhmat-Mu aku memohon pertolongan-Mu ..!
Jumlah bacaan bisa bermacam-macam antara 1, 3, 7, 33, 100, atau 1000 tergantung sang pemimpin jama’ah istigotsah. Setelah itu dilanjutkan dengan membaca surat Yasin dan dilanjutkan dengan tahlil untuk mendoakan para orang tua, guru, sesepuh, anak, dan saudara yang telah menghadap Sang Kholiq.

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah
Kegiatan istighotsah merupakan salah satu usaha ’bathiniyah’ dengan cara berdzikir, mengingat dan menyebut nama Allah serta berdoa bersama-sama, memohon petunjuk dan pertongan Allah, agar diberi ketenangan, kelapangan, kemudahan, kelancaran dan kesuksesan, setelah usaha secara ’lahiriyah’ dilakukan.
Dari Abul Abbas Abdulloh bin Abbas rodhiallohu ‘anhuma beliau berkata: Suatu hari aku berada di belakang Nabi sholallahu ‘alaihi wa sallam Lalu beliau bersabda , “Nak, aku akan ajarkan kepadamu beberapa patah kata: Jagalah Allah, Niscaya Dia akan senantiasa menjagamu. Bila engkau meminta sesuatu, mintalah kepada Allah, dan bila engkau meminta pertolongan, mintalah pertolongan kepada Allah. Ketahuilah, jika semua umat manusia bersatu padu untuk memberikan suatu kebaikan kepadamu, niscaya mereka tidak dapat melakukannya kecuali dengan sesuatu yang telah ditulis oleh Allah bagimu, dan jika semua umat manusia bersatu padu untuk mencelakakanmu, niscaya mereka tidak dapat mencelakakanmu kecuali dengan sesuatu yang telah ditulis oleh Allah bagimu. Pena telah diangkat dan catatan-catatan telah mengering.” (HR Tirmidzi )
Dengan istighotsah (berdzikir kepada Allah) hati kita akan tenang,  jiwa kita akan tentram, dada kita akan lapang bahkan otak kita akan cemerlang, sehinggga cita-cita akan mudah diraih dengan gemilang !

 ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَتَطۡمَٮِٕنُّ قُلُوبُهُم بِذِكۡرِ ٱللَّهِ‌ۗ أَلَا بِذِڪۡرِ ٱللَّهِ تَطۡمَٮِٕنُّ ٱلۡقُلُوبُ (٢٨)
“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah (dzikir). Ingatlah, hanya dengan dzikir hati menjadi tentram.”(Q.S. Ar Ra’ad:28)

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah
Kegiatan istighotsah merupakan kegitan untuk membersihkan hati dari noda dan dosa yang kita lakukan. Karena dosa ibaratnya titik hitam. Semakin banyak dosa maka semakin banyak titik hitam yang melekat pada hati, semakin gelaplah hati kita. Hati yang hitam legam, gelap gulita menyebabkan hidayah sulit untuk masuk. Ibaratnya sebuah kaca yang tiap hari kena debu, maka lama kelamaan kaca itu akan tertutupi oleh kotoran debu,  yang mengakibatkan cahaya, sinar matahari tidak akan masuk.
Imam Syafi’I semasa menjadi santri pernah mengeluh kepada gurunya, “Wahai, Guru. Mengapa ilmu yang sedang kukaji dan kupelajari ini susah sekali memahaminya dan cepat sekali lupa ?” Sang Guru menjawab, “Ilmu itu ibarat cahaya, ia hanya dapat menerangi hati yang bersih, bening dan suci. Ia tidak akan dapat menerangi hati yang keruh, kotor dan banyak maksiatnya.”
Mudah-mudahan dengan kegiatan istighotsah diharapkan hati kita semakin bersih. Hati yang bersih akan melahirkan pikiran yang jernih, sehingga apa-apa yang kita cita-citakan, harapkan akan mudah di raih.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَلَّ اللهُ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ، إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ. فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

Untuk mendapatkan panduan Istighotsah lengkap bisa sobat gasud.com download DISINI

Post Comment

Comments
5 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

5 k o m e n t a r:

  1. bagus mas
    tapi kalau boleh saran tulisanya kekecilan mas
    smoga sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia masss... sayang banget tulisane terlalu kecil

      Delete
    2. aman mas broow... sudah saya benahi

      Delete
    3. Ok mas brow... trus gimana nich tips seo nya biar jitu???

      Delete

>>> Please do not use anonymous ....
>>> Berikan data anda dengan benar.....
>>> Berikan komentar anda sebagai bukti bahwa anda adalah pengunjung dan bukan robot......
>>> Komentar ANONIM tidak akan ditanggapai oleh admin......
>>> Sorry, Admin will not respond to anonymous comments are not clear. so thank you

Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download
Winamp Windows Media Player iTunes basicBerry Real One Android iPhone